Aaayyooo... Segera daftarkan diri anda untuk kuliah di STIKOM Dinamika Bangsa - Jambi, Demi meraih Masa depan yang Cemerlang...Info Lengkap Silahkan Klik Running Text ini...!!!
Ikuti Berita JAMBI Terbaru dengan meng-KLIK Banner berikut:

Sunday, January 13, 2013

Investor Korea Selatan akan Bangun PLTU di Kabupaten Tebo, Jambi

p3k
Investor asal Korea dikabarkan melirik pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Kabupaten Tebo dengan nilai Investasi kurang lebih Rp.7 Trilyun. Listrik dengan kapasitas 2x200 MW ini akan dibangun menggunakan energi batu bara. Untuk kepastian, dalam waktu dekat Gubernur Jambi Hasan Basri Agus (HBA), akan melakukan penandatanganan kesepakatan di Korea.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah dan Perizinan Terpadu (BKPMD dan PT) Provinsi Jambi Hefni Zen mengatakan, pembangunan ini akan dikerjakan konsorium. Mereka, yakni perusahaan Korea Selatan bekerja sama dengan pemerintah daerah Kabupaten Tebo, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) serta Pemerintah Korea. “Dalam waktu dekat ada pertemuan dengan duta besar Korea,” katanya.

Dia melanjutkan, untuk membuktikan keseriusannya ini, perusahaan konsorsium Korea mengundang HBA melihat perusahaan mereka. “Karena gubernur berhati-hati. Selama ini dirinya sudah kecewa banyak MoU tapi tidak ada kelanjutan, nah sekarang harus dibuktikan keseriusan investor itu,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Enegeri Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jambi Azwar Effendi, membenarkan hal ini. Menurut dia, pembangunan itu masih dalam tahap rencana. “Ini akan menghasilkan listrik sebanyak 2x200 MW,” katanya.

Saat ini, katanya, masih dibangun beberapa pembangkit listik di Provinsi Jambi, misalnya pembangunan PLTA Kerinci. Saat ini sedang dibuat terowongan dengan panjang 90 meter dari target 300 meter. Terowongan ini untuk mengalihkan aliran sungai. Jika berfungsi, PLTA ini akan menghasilkan 2x150 MW, dan masih bisa ditingkatkan menjadi 4x85 MW.

Selain itu, juga dibangun PLTG di Sungai Gelam yang masih dikerjakan. PLTG ini diperkirakan menghasilkan listrik sebesar 1x100 MW. Menurut dia, saat ini juga dibangun pembangkit listrik energi panas bumi (PLT Geothermal) di Sungai Penuh. Proyek ini dikerjakan PT Pertamina Geothermal Energi.

Pekerjaanya sudah dilakukan persiapan eksplorasi dan pengeboran di klaster B. Pekerjaan ini ada empat klaster. Pengeborannya sudah mencapai 900 meter dari target 3000 meter. “PLT Geothermal ini mampu menghasilkan 1x55 MW, ditargetkan 2016 sudah berfungsi,” katanya.

Kondisi kelistrikan di Jambi, katanya, saat ini sudah terpenuhi sebanyak 76,90 persen. Itu artinya, lebih dari separuh masyarakat Provinsi Jambi sudah menikmati aliran listrik.

2 comments: